Kumi in front of Linked HQ

#MozTripUs Journal EP5: Mountain View, Linked In HQ !

By Mas Mbrot, April 1, 2015

YEAH! Journal Episode 5!! YIPPIE!Di journal episode 5 ini, masmbrot ama om Viking ceritanya udah sampe ke Tanahnya om Sam (a.k.a USA alias America). Nah wilayah pertama yg djelajahin sama kita berdua tuh Mountain View. Mountain View (MV) itu adalah salah satu kota yang ada di bagian Santa Clara, California. Kalo dihubungin ama Silicon Valley , MV itu salah satu bagiannya. Di MV banyak markas- markas perusahaan IT raksasa kaya Mozilla (YEAY!), Google, Linked In dan lain sebagainya.

Nah salah satu tujuan Masmbrot sama Om Viking numpang di MV ini adalah Silicon Valley Tour!! YAAA SILICON VALLEY TOUR! Kalo buat Geek kaya masmbrot ini, silicon valley tour itu bisa disebut Naik Haji  deh, hahha karena di Silicon Valley tour ini, Masmbrot bisa ngeliat kantor- kantor perusahaan IT raksasa secara langsung ! :) Gimana nggak asoy tuh hahahaha.

Salah satu kantor yang berhasil dengan sukses Masmbrot dan Om Viking kunjungin adalah Kantor Linked In.Linked In itu adalah perusahaan yang berkecimpung di Social Network khusus untuk professional dalam bidang tertentu. Buat kita- kita yang udah masuk ke dunia kerja, pasti tau Social Network ini, karena dari sinilah kita bisa memperluas koneksi kita, dan juga dapet beberapa Tawaran Pekerjaan :) Ayo yang belum punya akun linked in cepetan daftar, biar koneksi professionalnya makin luas 😉

Linked In Logo using Lego

Logo linked ini dibuat pake Lego!!

Nah untuk masuk ke kantor Linked In ini nggak bisa sembarangan, karena untuk masuknya kita perlu ada Undangan dari orang yang bekerja di Linked In. Nah kebetulan Om Viking punya kenalan Orang Indonesia yang bekerja di Linked In, dan ternyata kita diundang untuk Makan Siang di Cafetarianya Linked In! Yippie!!!

Siang itu, masmbrot dan Om Viking dateng ke kantornya Linked In (Dengan UBER tentunya, favourite transportation lah pokonya hahaha). Sambil nunggu temennya om Viking, kita duduk- duduk dulu di halaman depan kantornya. Sambil duduk, kita juga ngeliatin perilaku pegawai- pegawai sana. Nah salah satu fakta yang ada disana adalah, Hampir 80% pegawai di sana itu pake laptop Apel Kegigit (Apple lah apple). Dan mereka bawanya tuh nggak kaya kita- kita disini, dimana kudu make case lah, apa tas lah apa hardcase lah, Mereka disana tuh bawanya kaya bawa buku aja, ditenteng, digiwing2, sambil dibuka kadang2 O_O. Yah pokonya kaya bawa barang biasa aja deh, padahal mah kalo diitung2 itu barang kan mahal harganya hahhaa.

Kumi in front of Linked HQ

Kumi begaya dulu di depan Linked In HQ

Sehabis puas ngeliatin perilaku pegawai sana, dan foto- foto dikit, Temennya om Vik pun datang. Terus kita diajakin ke receptionist nya dulu buat bikin Temporary IDCard. Temporary IDCard ini selain berfungsi untuk masuk ke kantor linked in, juga berfungsi sebagai ID Wifi di kantor linked in, hehehe yah namanya kami fakir Koneksi disana, jadi WIFI itu hal penting banget buat update status HAHAHAHA.

ID Card sakti yang ada akses WIFInya. Bakal berubah merah kalo udha lebih dari 1 hari

ID Card sakti yang ada akses WIFInya. Bakal berubah merah kalo udah lebih dari 1 hari

Abis selesai urusan administrasi, kita lanjut ke kafetaria punyanya Linked In. First Impression pas masuk ke kafetarianya Linked In adalah:: “Inimah bukan kafetaria, inimah Food Court” [sambil rada melongo gitu]. YAP! jadi kafetaria dari kantor linked in itu persis banget kaya food court di mall- mall, ada booth2 yang nyediain berbagai macam makanan, mulai dari makan india, western, chineese dan lain sebagainya. Dan hal yang paling dahsyatnya itu adalah SEMUANYA GRATIS!!! yap!!! GRATISS!!!! ARGGGHHH!!! kita bebas ngambil apa aja, asalkan kuat untuk ngabisinnya! :)

Abis dari kafetarianya Linked In, Temen Om Vik ngajak kita jalan- jalan keliling kantor linked in. Kantor Linked In itu beda banget sama kantor- kantor yang ada di Indonesia. Di Kantor ini itu jauh dari kata formal. Di Kantor ini kita dibolehin untuk pake pakaian casual (kaos, celana jeans/ celana pendek, sepatu kets). Selain itu Hal yang keren dari kantor Linked In adalah adanya PLAYROOM di tiap gedung disana. Di Playroom itu ada meja pingpong, arcade video game (dingdong lah bahasa indonyamah), dan mainan mainan lain. Selain Playroom, di tiap lantai ada Pantry juga, dan Pantrynya tuh FULLY LOADED! segala jenis snack sama softdrink ada disana, dan seperti biasa, SEMUANYA GRATIS namun bertanggung jawab hahahha.

Di sela- sela jalan-jalan di kantor Linked in, Masmbrot sempet nanya- nanya dikit ke temennya om vik yang kerja disitu. Dari situ masmbrot dapet info kalo misalnya disitu tuh ada 3 orang Indonesia yang jadi pegawai tetap disana (KEREN ABIS). Terus kalo disana tuh kerjanya menganut prinsip “Lu boleh ngapain aja (selama bertanggung jawab) asal kerjaan lu selesai dan sesuai dengan yang diminta”. Nggak kaya disini kan, walaupun nggak ada kerjaan, kita tetep kudu masuk kantor, 8 jam nggak boleh kurang, kalo mau keluar kudu ngurus ijin de.el.el. Kalo disana selama kerjaan lu beres, lu boleh kemana aja, ASAL kerjaan lu beres :).

Overall masmbrot puas banget jalan- jalan keliling kantor linked in. Makasih banget buat Temennya Om Vik yang udah nemenin kita jalan- jalan di kantor Linked In, Ini Pengalaman yang TOP banget pokonya :).

Next, di Journal berikutnya, masmbrot mau nyeritain Tour masmbrot keliling Kantor IT Lainnya!! Keep Read this Journal ya :)

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>