Papan Informasi Transportasi di depan San Jose Airport

#MozTripUs Journal EP4: Hello UNCLE SAM!

By Mas Mbrot, October 30, 2014

Hai Hai!!

Sekarang MozTripUs Journal udah ada di Episode 4, di jurnal ini, masmbrot mau nyeritain gimana pengalaman masmbrot waktu pertama kali nginjekkin kaki di tempatnya “Uncle Sam” a.k.a USA a.k.a United States of America.

Waktu itu perjalan dari Jepang ke USA, makan waktu -+ 9 Jam perjalanan. Selama 9 jam itu masmbrot dan Om Viking (Mozilla Indonesia community manager)  kudu sabar diem diatas pesawat, yah paling cuma bisa nonton, duduk, makan, berdiri buat ke WC atau tidur (Nggak bisa tuh kayang, pushup, sit up apa mau guling-guling, abisan pesawatnya nggak cukup, terus kalo goyang- goyang ntar dikirain Turbulance lagi :p).

Setelah 9 jam dipesawat, masmbrot dan Om Vik mendarat di Bandara San Jose di California USA. Waktu itu pas mendarat di USA, hari sudah mulai siang, yah sekitar jam 10an lah. Pertama nyampe di Bandara San Jose, masmbrot rada kaget, karena bandaranya cukup kecil untuk sekelas bandara international [Hampir sama kaya bandara di Bandung]. Tapi meskipun kecil, proses imigrasi disana ketat, salah- salah ngasi info bisa bisa nggak lolos proses imigrasi (Waktu itu masmbrot sempet liat ada imigran yang harus double imigration check, hiii amit amit jangan sampe kaya gitu :(( )

Untuk ngelewatin proses imigrasi yang ketat itu, mas mbrot sama om vik harus ngantri kira- kira 1,5 jam. Udah mah capek, deg-degan, pegel- pegel, yah pokonya campur aduk deh. Untung proses imigrasi mas mbrot sama om viking sukses, mungkin karena kita mukanya baik- baik sih ya, jadi kita bisa dengan relatif mudah melewati proses imigrasinya USA, hehehe. [FYI, Info dari Om Vik, Untuk ke San Francisco, bisa juga turun di Bandara SFO, tapiii disitu imigrasinya Lebih ketat dari San Jose, jadi saran Om Vik mending turun di San Jose biar gampang lewat imigrasinya :), dan satu lagi, bawa semua dokumen pendukung, kaya Invitation Letter, dll, biar bisa lebih ngeyakinin orang imigrasinya].

Keluar dari SJO Airport, masmbrot sama om viking naik Free Airport Shuttle buat berangkat ke Stasiun Cal Train terdekat (Caltrain itu kereta yang ada di San Francisco yang bisa ngebawa kita ke beberapa daerah di San Francisco, seperti Mountain view, santa clara,dll. Link Caltrain). Waktu itu masmbrot sama om vik, naik caltrain dari stasiun Santa Clara.

Papan Informasi Transportasi di depan San Jose Airport

Papan Informasi Transportasi di depan San Jose Airport

Di stasiun Santa Clara, masmbrot sama om vik beli tiket dari Santa Clara menuju Mountain View, melalui Caltrain’s Ticket Vending Machine. Belinya pake uang cash gitu, dan gampang banget. Cukup ngikutin step- step yang ditunjukkin di layar vending machinenya :).

Setelah tiket udah ditangan, masmbrot sama om vik nunggu kereta sambil ngobrol2. Tepat sama jam kedatangan yang ditulis di tiket, kereta pun datang. Pas banget, nggak telat nggak kepagian, pokonya keretanya pas nyampe di stasiun sesuai jadwal.

Caltrain

Caltrain

Perjalanan naik kereta dari Santa Clara ke Mountain View, kira kira 45 menit. Perjalanannya nggak begitu kerasa, karena keretanya nyaman, dan karena capek, masmbrot pun sempet tidur bentar dikereta, hehehe.

Sampe di Mountain View, Om vik ngajakin masmbrot buat cari makan. Waktu itu karena bingung mau makan apa, Om vik ngajak masmbrot buat makan makanan Jepang. Karena dipikir2 makanan Jepang yang cukup aman dari barang- barang seperti B2, atau alkohol hehe.

Abis kenyang makan, Om Vik nyari transportasi buat menuju ke hotel. Waktu itu Om vik memutuskan untuk naik UBER (UBER adalah community taxi yang bisa dipesen lewat smartphone, LINK UBER). Sempet bingung sih apaan Uber itu? Nah abis dijelasin ternyata Uber itu adalah community taxi. Jadi mobil- mobil pribadi yang secara sukarela dijadiin angkutan umum oleh pemiliknya. Jadi naik Uber itu untung-untungan juga, karena kadang bisa aja kita dapet mobil yang wah banget!

Begitu armada UBER nya dateng, masmbrot ama om vik naik dan memulai perjalanan ke Hotel. Waktu itu masmbrot dan om vik menginap di Hotel Avante di Mountain View. Hotelnya bukan hotel yang gede banget, tapi nyaman banget!

Setelah checkin dan dapet kunci, masmbrot dan om viking masuk kekamar masing- masing untuk Istirahat setelah Perjalanan 2 Hari INA-JPN-USA yang cukup menguras tenaga itu. 😀

Suasana Kamar Hotel Avante

Suasana Kamar Hotel Avante

Nah di Episode Selanjutnya dari jurnal #MozTripUs, Masmbrot bakal nyeritain pengalaman keliling Mountain View bareng om Viking, So Keep Read My Journal :) !

One Comment

  1. lala says:

    ditunggu jurnal selanjutnya masmbrot

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>